Monday, April 18, 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INGGRIS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Swasta Sutan Oloan Medan
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas /Semester : VII /I

Standar Kompetensi : 5 Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

Kompetensi Dasar : 5.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

Indikator : - Mengidentifikasikasi berbagai informasi dalam teks fungsional
- Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca

Jenis Teks : Teks fungsional pendek
Tema :
Aspek/Skill : Membaca
Alokasi Waktu :

I. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Menemukan gagasn umum teks fungsional pendek berbentuk kartu ucapakan
b. Menemukan informasi rinci dalam teks fugnsional pendek berbentuk kartu ucapakan
c. Menemukan ciri kebahasaan teks fungsional pendek berbentuk kartu ucapan

II. Materi pembelajaran
a. Teks fungsional pendek berbentuk kartu ucapan
b. Kosa kata terkait tema/jenis teks
Misal : - Congratulation
- Election
- Class monitor

III. Metode /Teknik : Three –phase
IV. Langkah-langkah kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
- Menjawab berbagai pertanyaan tetang kegiatan pemilihan ketua kelas
- Menentukan makna kata dan menggunakannya dalam kalimat (terkait kartu ucapan selamat)
b. Kegiatan Inti
- Membaca teks kartu ucapan selamat
- Menjawab pertanyaan tentang isi teks kartu ucapan selamat
a. Gagasan utama
b. Informasi rinei
c. Makna kata
d. Tujuan komunikatif
- Menentukan kata, makna dan bentuk kata kerja yang digunakan dalam teks kartu ucapan
- Membaca kartu teks ucapan selamat lainnya

V. Sumber Belajar
a. Contoh teks kartu ucapan selamat lainnya

VI. Penilaian
a. Teknik : teks tulisan
b. Bentuk : Pertanyaan tulisan
c. Intrumen
I. Read the text below and answer the question below






II. Read the following greeting card and choose the right answer 1





1. The above text is about ..................
a. Announcement
b. Greeting card
c. Advertisement
d. Agreement
2. Who wrote the greeting card
a. Sandi
b. Dinda
c. The Writer
d. Dinda’s writer
3. What does Sandi wish to Dinda’s birthday?
a. He wished Dinda has a big car
b. He wishes Dinda go abroad
c. He wishes Dinda a great succes in the coming year
d. He wishes Dinda gets much money
III. Write a greating card to your friend to your friend on her /his birthday !

d. Pedoman Penelitian
1. Kelompok I, tiap nomor benar di beri skor 3
Kelompok II, tiap nomor benar diberi skor 2
Kelompok III, tiap nomor benar diberi skor 3
2. Jumlah skor maksimal
I 3 x 3 = 9
II 3 x 2 = 6
III 1 x 5 = 5
Jumlah = 20
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai siswa =







e. Rubrik Penelitian :
No Uraian Skor


I Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab 3
2
1
0

II Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaan yang salah/tidak dijawab 2
0


III Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak dijawab 5
3
1
0

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. Muhammad Arifin DRA. DARWATI
NIP.


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP Swasta Sutan Oloan Medan
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas /Semester : VII /I

Standar Kompetensi : 6 Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

Kompetensi Dasar : 6.1 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Indikator : - Melengkapi Teks Fungsional pendek
- Menyusun kata/urutan kata menjadi kalimat yang padu
- Menulis teks fungsional pendek

Jenis Teks : Teks tulis fungsional pendek
Tema : Things around us (2)
Aspek/Skill : Menulis
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Melengkapi teks fungsional pendek
b. Menyusun kata urutan teks fungsionalisasi pendek
c. Menulis teks

2. Materi pembelajaran
a. Teks fungsional pendek “pengumuman” tentang kegiatan sekolah
b. Kosa kata terkait tema/jenis teks
Misal : - Join
- Announcement
- Comest
- English speech
- Interested

c. Preposition : in an
d. pronouns : you, us
e. Kesantunan : please

3. Metode Pembelajaran/Teknik :
4. Langkah-langkah kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
2. Menjawab berbagai pertanyaan tetang kegiatan pemilihan ketua kelas
3. Menentukan makna kata dan menggunakannya dalam kalimat (terkait kartu ucapan selamat)
b. Kegiatan Inti
1. Membaca teks fungsional pendek tentang pengumuman
2. Menjawab pertanyaan tentang isi teks pengumuman
- Gagasan utama
- Informasi rinei
- Makna kata
- Tujuan komunikatif
3. Menentukan kata, makna dan bentuk kata kerja yang digunakan dalam teks pengumuman
4. Melengkapi teks fungsional”penguman”
5. menyusun kata/urutan kata yang berhubungan dengan teks fungsional pendek “pengumuman”
c. Kegiatan Penutup
1. Menanbyakan keslitan sisw dalam memahami teks penguman
2. Meyimpulkan materi
3. menugaskan sisw mencari teks pengumuman lainnya dari koran/mjalah

5. Sumber Belajar
- Contoh teks pengumuman
- Korn/majalah
- Perpustakaan
- Buku teks : pembelajaran B.Inggris Joko Priyana, M.A PH.D Mediatama

6. Penilaian
a. Teknik : teks tulisan
b. Bentuk : Pertanyaan tulisan
c. Intrumen
I. Read the announcement below and answer the questions !









1. What is the announcement about ?
2. When and where will the event be help ?
3. If you are interested in, who should you see ?

II. Read the following greeting card and choose the right answer !









4. a. one c. two
b. all d. Both

5. a. discuss c. make
b. know d. Study

6. a. Canteen c. office
b. school d. My school

d. Pedoman Penelitian
1. Kelompok I, tiap jawaban benar di beri skor 3
2. Kelompok II, tiap jawaban benar diberi skor 2
3. Kelompok III, diberi skor 5

4. Jumlah skor maksimal
I 3 x 3 = 9
II 3 x 2 = 6
III 1 x 5 = 5
Jumlah = 20
5. Nilai maksimal = 10
6. Nilai siswa =

e. Rubrik Penelitian :
No Uraian Skor


I Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab 3
2
1
0

II Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaan yang salah/tidak dijawab 2
0


III Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak dijawab 5
3
1
0


Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. Muhammad Arifin DRA. DARWATI
NIP.









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP Swasta Sutan Oloan Medan
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas /Semester : VII /I

Standar Kompetensi : 6 Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sampai sederhna untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Kompetensi Dasar : 6.1 Mengungkapkan langkh retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis decar akurat, lacar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Indikator : - Membuat teks fungsional pendek
- Menggunakan langkah retorika dalam menulis teks f fungsional pendek

Jenis Teks : Teks fungsional pendek
Tema :
Aspek/Skill : Menulis
Alokasi Waktu :

1. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Mengidentifikasi ciri-ciri teks fungsional pendek yang diberikan secara mandiri
b. Melengkapi teks fungsional pendek dengan struktur teks yang benar
c. Menulis teks fungsional pendek

2. Materi pembelajaran
a. Teks fungsional pendek berbentuk kartu ucapan
b. Kosa kata terkait tema/jenis teks
Misal : - Congratulation
- Speech cimpetition

3. Metode Pembelajaran/Teknik : Three-phase technique

4. Langkah-langkah kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Bertanya jawab tentang perolehan nilai dalam ulangan harian
2. Menemukan makna kata dan menggunakannya dalam kalimat (terkait kartu ucapan selamat)
b. Kegiatan Inti
1. Membaca teks kartu ucapan selamat
2. Menjawab pertanyaan tentang isi teks kartu ucapan selamat.
- Gagasan utama
- Informasi rinci
- Makna kata
3. Menentukan makna dan fungsi kalimat dalam teks kartu ucapan selamat
4. Menulis kartu ucapan selamat
c. Kegiatan Penutup
- Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami teks kartu ucapan selamat
- Menyimpulkan materi
- Menugaskan siswa menulis teks kartu ucapan selamat darinya

5. Sumber Belajar
- Contoh teks kartu ucapan
- Buku teks

7. Penilaian
a. Teknik : teks tulisan
b. Bentuk : Pertanyaan tulisan
c. Intrumen
1. Write your answer bused in the text given







1. What is the pupose of the greeting card ?
2. What does the word “victory” mean ?
3. Mention three nouns in the text ?

2. Complete the followin text !








1. a. Sadness c. Sickness
b. Succes d. business
2. a. Coming c. Present
b. last d. Moment
3. a. Father c. Friend
b. mother d. Parent

d. Pedoman Penelitian
1. Kelompok I, tiap nomor benar di beri skor 3
2. Kelompok II, tiap nomor benar diberi skor 2
3. Kelompok III, diberi skor 5
4. Jumlah skor maksimal
I 3 x 3 = 9
II 3 x 2 = 6
III 1 x 5 = 5
Jumlah = 20
5. Nilai maksimal = 10
6. Nilai perolehan =











e. Rubrik Penelitian :
No Uraian Skor


I Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab 3
2
1
0

II Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaan yang salah/tidak dijawab 2
0


III Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak dijawab 5
3
1
0


Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. Muhammad Arifin DRA. DARWATI
NIP.

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Swasta Sutan Oloan Medan
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas /Semester : VII /II
Standar Kompetensi : 7 Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan traksional dan interpersonal sangat sederhna untuk berinterksi dengan lingkungan terdekat
9 Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Kompetensi Dasar : 7.1 Mendengarkan dan 9.1 Berbicara
Merespon dan mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get thing done) dan interpersonal (bersosialissi) sangat sederhana secra akurat lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi jasa, memiliki dan memberi barang dan meminta dan memberi fakta

Indikator : Merespon dan mengungkapkan
- Meminta dan memberi jasa
- Meminta dan memberi barang
- Meminta dan memberi fakta
- Membedakannya

Jenis Teks : Transaksional/interpersonal
Tema : Shoping
Aspek/Skill : Mendengarkan dan berbicara
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit

I. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Merespon dan mengungkapkan memita dan memberi jasa
b. Merespon dan mengungkapkan meminta dan memberi barang
c. Memberi dan mengungkapkan meminta dan memberi fakta
d. Merespon dan mengungkapkan perbedaan ungkapan

II. Materi pembelajaran
a. Teks fungsional pendek berbentuk kartu ucapan
1. A : Give me the paper, plese !
B : Sure, here you are
2. A : Give me a piece of paper, please
B : Sure, here you are
3. A : Did you come here yesterday ?
B : Yes, I did
b. Kosa kata terkait tema/jenis teks
• Personal pronoun : I, you, he, she,they, we, it  me, you
• To be : is, am, are
• Verb : give, take, help, get
• Ungkapn bku : yesterday, last week, two days ago, sure

III. Metode Pembelajaran /Teknik : Three –phase/paer & pentes

IV. Langkah-langkah kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
- Tanya jawab berbagai hal tentang meminta
- Siswa menjawab pertanyaan
b. Kegiatan Inti
1. Menanyakan esulitan siswa selama PBM
2. menympulkan materi pembelajaran
3. Menuhaskan siswa untuk menggunakna ungkpan-ungkapan yang dipelajari

V. Sumber Belajar
a. Buku teks yang relevan
b. Gambar-gambar yang relevan

VII. Penilaian
a. Teknik : Merespon ungkapan/Pertanyaan secara lisan dantertulis
b. Bentuk : Pertanyaan lisan
c. Intrumen :
1. Listen to the expression and give your response arally
Example : A : Give me your pen, please !
B : Sure, here you are
1. A : Borrow me your eraser place
B : ................................................
2. A : Buy me the onion please !
B : .................................................
3. A : Did you come here just now ?
B : ..................................................
2. Choose the right answer !
1. A : Can you help me to take the book, pahase ?
B : ................................................
a. Yes, sure b. Yes, sir c. Sure, here you are d. Sure, here I am
2. A : May I feed your rabbist ?
B : .................................................
a. No problem b. Sure, here it is c. Yes, thank d.sure, all right
3. A : Do you play foot ball in here this evening ?
B : ..................................................
a. Yes I does c. Yes, I donot
b. Yes I do d. No, I do not
4. A .... , buy me some medicnies !
B Sure, here it is
a. Hi b. Hello, here it is c. Please d. Thank you, fine

PEDOMAN PENELITIAN
Untuk nomor I, tiap jawaban benar di beri skor 3
Untuk nomor II, tiap jawaban benar skor 2
Jumlah skor maksimal
I 3 x 3 = 9
II 4 x 2 = 8
Jumlah = 20
1. Nilai maksimal = 10
2. Nilai siswa =




d. Rubrik Penelitian :
No Uraian Skor


I Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab 3
2
1
0

II Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaan yang salah/tidak dijawab 2
0

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. Muhammad Arifin DRA. DARWATI
NIP.






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Swasta Sutan Oloan Medan
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas /Semester : VII /II
Standar Kompetensi : 7 Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan traksional dan interpersonal sangat sederhna untuk berinterksi dengan lingkungan terdekat
9 Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional ejaan pendek sederhana untuk erinteraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi Dasar : 7.2 + 9.2 Mendengarkan dan Berbicara
Merespon dan mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get thing done) dan interpersonal pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur meinta dan memberi pendapat setuju dan tidak setuju merespon pertanyaan memberi perhatian terhadap pembcara mengawali memperpanjang dan menutup percakapan dan mengawali, memperpanjang dan menutup telepon.
Indikator : Merespon dan mengungkapkan
- Meminta dan memberi pendapat
- Menyatakan setuju (suka dan tidak suka
- Meminta klarifikasi
- Merespoden secara interpersonal

Jenis Teks : Transaksional/interpersonal
Tema :
Aspek/Skill : Mendengarkan dan berbicara
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit

I. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Merespon dan mengungkapkan memita dan memberi pendapat
b. Merespon dan mengungkapkan pendapat menyatakan suka dan tidak suka
c. Meminta klarifikasi
d. Merespon dan mengungkapkan merespon secara interpersonal.

II. Materi pembelajaran
a. Teks fungsional pendek berbentuk kartu ucapan
• Ungkapan meminta dan memberi pendapat
A : What do you thing my like ?
B : I think that no bad
• Menyatakan suka do you like ?
A : What dress do you like ?
B : I like the simple one
A : I hope we still hae sometime to eat the padang Restautant
I like Padang food
B : But I don’t like it
• Meminta klarifikasi
A : I hear you are siele, are you sure ?
B : I am
• Merespon interpersonal
A : I am sleppy
B : Are you ?
A : yes, I am
A : I love her
B : Are you
C : Yes, I am

b. Kosa kata terkait tema/jenis teks
c. Verbs : like need
d. To be : am, is, are
e. Personal pronoun : I You, they, we, he
f. Ungkapan buku : Morning please

III. Metode Pembelajaran /Teknik : Three –phase Technique
IV. Langkah-langkah kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
• Tanya jawab berbagai hal tentang meminta
• Siswa menjawab pertanyaan guru

b. Kegiatan Inti
• Membahas kata/kalimat yang sulit yang digunakan dalam teks
• Mendengar dan memperhatikan kalimat yang diucapkan guru
• Mengamati dan menentukan makna dan fungsi kalimat
• Melatih kalimat-kalimat yang telah diucapkan guru
• Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi percakapan
• Merespon ungkapan-ungkapan meminta dan memberi pendapat, suka dan tidak suka meminta klarifikasi dan interpersonal
• Melakukan latihn atau mengerjakan latihan
V. Sumber Belajar
a. Buku teks yang relevan
b. Gambar-gambar yang relevan

VI. Penilaian
a. Teknik : Merespon ungkapan/Pertanyaan secara lisan dantertulis
b. Bentuk : Pertanyaan lisan
c. Intrumen :

I. Listen to the expression and give your response arallrespon to the following experessing orally !
1. A : What do you think my dress ?
B : it is ..........................................
2. A : What do you think Ani ?
B : She is ......................................
3. A : What do you think my house ?
B : It is .........................................
4. A : What do you like drimlo?
B : ................................................
5. A : What does she like to eat ?
B : .............................................. but she likes friedrice
II. Listen to the experessin and choose the bers option !
1. A : My father goes to fish a fish, he gets many fishes
B : Are you sure ?
a. Alright
b. Fine
c. I am
d. Good
2. A : I see, Ani’s mother was sielo
B : Are you sure, Ali ?
a. I am
b. I’ am Not
c. He is
d. He is not
3. A : Ermishfather a new car yesterday
B : Are you sure ?
a. Yes, sir
b. Ok, Sir
c. Fine sir
d. I am sir
4. A : I like her
B : Are you ?
a. I am
b. No, I am not
c. He is
d. They are
5. A : She like me
B : i she ?
A : No, ................................

PEDOMAN PENELITIAN
1. Untuk nomor I, tiap jawaban benar di beri skor 3
2. Untuk nomor II, tiap jawaban benar skor 2
3. Jumlah skor maksimal
I 5 x 3 = 15
II 5 x 2 = 10
Jumlah = 25
VII. Nilai maksimal = 10
VIII. Nilai siswa =





IX. Rubrik Penelitian :
No Uraian Skor


I Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab 3
2
1
0

II Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaan yang salah/tidak dijawab 2
0

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. Muhammad Arifin DRA. DARWATI
NIP.






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Swasta Sutan Oloan Medan
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas /Semester : VII /II
Standar Kompetensi : 8 Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan prosedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
10.Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan prosdure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 8.1 + 10.1Merespon dan mengungkapkan mkna yang terdapa dalamteks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Indikator : Merespon den menggunakan fungsional pendek berupa :
- Intruksi
- Daftar barang
- Pengumuman
- Ucapan Selamat
Memberi intruksi secara lisan
Menyebutkan daftar barang tertentu
Mengumumkan sesuatu
Mengungkapkan selamat
Jenis Teks : Transaksional/interpersonal
Tema :
Aspek/Skill : Mendengarkan dan berbicara
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Merespon menggunakan teks fungsional pendek berupa
- Intruksi
- Daftar barang
- Pengumuman
- Ucapan selamat
b. Memberi intruksi secara lisan
c. Menyebutkan daftar barang tertentu
d. Mengumumkan sesuatu
e. Mengucapkan selamat

2. Materi pembelajaran
a. 1. Memberi intruksi
• Open the book !
• Close the door !
2. Daftar barang (things to buy)
Sugar, meat, flour, buffer, egg
3. Pengumuman (Announcement)
1.






2.







4. Ucapan selamat
- Congratulations
- Well done !
- Well come !
b. Kosa kata terkait tema/jenis kata
Misalnya : sugar, meat,flour, butter, dan sebagainya
c. Verbs : open, close, discuss, dan sebaginya
d. To be : is, am, are
e. Ungkapan buku :
- Congratulation
- Well done
- Well come

3. Metode Pembelajaran /Teknik : Three –phase Technique
4. Langkah-langkah kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
- Tanya jawab berbagai hal tentang meminta
- Siswa menjawab pertanyaan guru
b. Kegiatan Inti
1. Membahas kata/kalimat yang sulit yang digunakan dalam teks
2. Mendengar dan memperhatikan kalimat yang diucapkan guru
3. Meniru ungkapan-ungkapan yang digunakan
4. Tanya jawab sesuai dengan materi
5. Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks yang di gunakan
6. Menggunakan ungkapan-ungkapan sesuai materi dalam situasi nyata secara berpasangan
c. Kegiatan Penutup
1. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
2. Menyimpulkan materi pembelajaran
3. menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam siatuasi yang sesungguhnya
5. Sumber Belajar
a. Buku teks yang relevan
b. Script, percakapan atau rekaman percakapan
c. Gambar-gambar yang relevan
6. Penilaian
a. Teknik : Merespon ungkapan/Pertanyaan secara lisan dan tulis
b. Bentuk : Pertanyaan lisan
c. Intrumen :
a. Listen and answer these questions orally ?
1. Where can we buy sugar, flour
...............................................
2. Cingratulations on your success
................................................
3. To whom this announcement is gives
................................................
4. Clean the blackboard please ?
.................................................
PEDOMAN PENELITIAN
1. Tiap nomor benar di beri skor 2,5
2. Skor maksimal : 4 x 2,5 = 10
3. Nilai maksimal 10
4. Nilai siswa =
b. Give you answer orally based on the text bellow






1. What’s the text about ?
2. Who is the announcement for ?
3. What shruld the styudents of seven-one do ?
4. Why do they have to be there ?
5. Who gave the announce ment ?
6. What is the word “chairma” mean ?
7. What is the puspose of the chairman ?
8. Mention there nouns is the text
Pedoman penilain
Tiap nomor benar di beri skor 5
Skor maksimal : 8 x 5 = 40
Nilai maksimal 10
Nilai siswa =

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. Muhammad Arifin DRA. DARWATI
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Swasta Sutan Oloan Medan
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas /Semester : VII /I
Standar Kompetensi : Memahami dan menungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk discriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 8.2 + 10.2
Merespon dan mengungkapkan makna dalam molog pendek sangat sederhana secara kurat, danberterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbetuk diecriptive dan procedur pendek dangat sederhan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Indikator : Merespon dan mengungkapkan
- Informasi dalam teks monolog berbentuk descriptive
- Ciri kebahasan teks yang didengarkan
- Tata bahasa yang benar dalam teks descriptive dan prosedur yang meliputi simple present dan complex sentences sederhana
Jenis Teks : Transaksional/interpersonal
Tema :
Aspek/Skill : Mendengarkan dan berbicara
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Merespon den mengungkapkan berbagai informsai dalam teks monolog berbentuk discriptive dan procedur
b. Merespon dan mengungkapkan ciri kebahasan yang didengarkan
c. Merespon mengungkapkan tata bahasa yang benar meliputi simple present dan complex sentance



2. Materi pembelajaran
a. Teks My Pet
b. Kosa kata terkait tema/jenis teks
- Colour : black, white, brown, etc explained
- Size : small, big, middle, etc explained
3. Metode Pembelajaran /Teknik : Three –phase Technique
4. Langkah-langkah kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
- Menjawab berbagai pertanyaan tentang gambar binatang peliharaan
- Menentukan makna kata dan menggunakannya dalam kalimat sederhana
b. Kegiatan Inti
1. Mendengarkan teks binatang peliharaan
2. Menjawab pertanyaan tentang isi teks
- Gagasan utama
- Informasi
c. Kegiatan Penutup
1. Menanyakan kesulitan siswa
2. Menyimpulkan materi
3. Menugaskan siswa mencari teks binatang peliharaan dari sumber lainnya

5. Sumber Belajar
a. Contoh text My Pet

6. Penilaian
a. Teknik : I. Tes lisan, II tes tertulis
b. Bentuk : Pertanyaan lisan
c. Intrumen :

I. Listen to the text and give your response
1. What is the writer’s pet ?
2. What is the dog’s name ?
3. Does Willy like bones ?
4. What does the writer do every moerning ?
5. Does a dog eat fish every day ?



II. Change there sentance based on the sign in the bracket
- I have a pet (-)
- Milly is chinese breed (?)
- Milly does not like bones (+)
- It eats soft food (-)
- I give her milk (?)

d. Pedoman Penelitian
1. Untuk nomor I, tiap jawaban benar di beri skor 3
2. Untuk nomor II, tiap jawaban benar skor 2
3. Jumlah skor maksimal
I 5 x 3 = 15
II 5 x 2 = 10
Jumlah = 25
4. Nilai maksimal = 10
5. Nilai siswa =

e. Rubrik Penelitian :
No Uraian Skor


I Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab 3
2
1
0

II Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaan yang salah/tidak dijawab 2
0

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. Muhammad Arifin DRA. DARWATI
NIP.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Swasta Sutan Oloan Medan
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas /Semester : VII /II
Standar Kompetensi : 11 + 12 Membaca + menulis Memahami dan mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan essai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 11.1 Mengidentifikasi dan mengungkapkan berbagai informasi dalam essai pendek berbentuk descriptive
12.1 Mengidentifikasi dan mengungkapkan aspek lexiogrammatical dalam teks descriptive
10. menulis teks erbentuk descriptive sederhana
Jenis Teks : Teks descriptive
Tema : Family life (kehidupan keluarga)
Aspek/Skill : Membaca dan menulis
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Menemukan dan mengungkapkan gagasan utama dalam teks descriptive
b. Menemukan dan mengungkapkan informasi rinci dalam teks descriptive
c. Menemukan dan mengungkapkan makna kata tertentu dalam teks decriptive
d. Menemukan dan mengungkapkan aspek lecolgrammatical /tata bahasa dalam teks descriptive
e. Menulis berbentuk decriptive sederhana secara bebas

2. Materi pembelajaran
a. Teks berbentuk descriptive tentang keadaan kehidupan keluarga
b. Kosa kata terkait tema/jenis teks
- Family members
- Job/Occupation
- Hobby
- Adjective
- Numbers
- Appearance
c. Tata bahasa : simple Present Tense, Nominal & verbal sentance

3. Metode Pembelajaran /Teknik : Three –phase Technique

4. Langkah-langkah kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
- Menjawab pertanyaan tentang gambaran/keadaan diri kamu
- Menentukan makna kata dan menggunakannya dalam kalimat sederhana
b. Kegiatan Inti
1. Membaca teks decriptive
2. Menterjemahkan teks descriptive
3. Menjawab pertanyaan tentang isi teks descriptive
- Informasi rinci
- Gagasan utama
- Makna kata
- Tata bahasa
4. Mendengarkan penejalsan tentang simple present tanse dan nominal-verb sentances
5. menulis kalimat-kalimat sederhana yang diperlukan untuk menulis teks decriptive
6. membaca teks descriptive lainnya
7. melengkapi teks decriptive yang belum lengkap
8. menulis teks decriptive sederhana tentang diri kamu
c. Kegiatan penutup
1. Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami/menulis teks decriptive
2. Menyimpulkan materi
3. Menugaskan siswa menulis teks decriptive sederhana tentang diri temanmu

5. Sumber Belajar
a. Contoh teks decriptive
b. Kamus
c. Buku teks (Developing Competencies in English Grafindo Media Pratam, 2003)




6. Penilaian
a. Teknik : Lisan, dan tertulis
b. Bentuk : Pertanyaan lisan dan uraian
c. Intrumen :

I. Give your answer orally based in the test
I have friend. Her name is Nita, She is 13 years old. She is a clever and beautiful student. She is good at Maths and English. She always gets a good mark is examination. Her hobbies are reading ang singing. She has straight long hair and sharp nose. Her skin is smooth and white whoever looks at her. Surely he/she es her
1. What is my friend’s name ?
2. How old is Anita ?
3. is she stupied and ugly
4. What are her hobbies ?
5. Do you have a friend lika nita ?
II. Write a short Descriptive Paragraph about your self
These questions may help you
1. What your name ?
2. Where /when were yaou born ?
3. How old are you now
4. What is your favorite subject ?
5. What is your hobby ?
6. Do you have brother /sister write down their names ?

d. Pedoman Penelitian
1. Untuk nomor I, tiap jawaban benar di beri skor 3
2. Untuk nomor II, tiap jawaban benar skor 10
3. Jumlah skor maksimal
I 5 x 3 = 15
II 5 x 2 = 10
Jumlah = 25
4. Nilai maksimal = 10
5. Nilai siswa =



e. Rubrik Penelitian :
No Uraian Skor


I Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab 3
2
1
0

II Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaan yang salah/tidak dijawab 2
0


Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. Muhammad Arifin DRA. DARWATI
NIP.






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Swasta Sutan Oloan Medan
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas /Semester : VII (Tujuh) /II
Standar Kompetensi : 11 + 12 Membaca + Menulis
Memahami dan mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan essai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 11.2 + 12.2 Mengidentifikasi dan mengungkapkan berbagai informasi dalam essai pendek berbentuk descriptive Mengidentifikasi dan mengungkapkan aspek lexiogrammatical dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
Indikator : 1. Mengidentifikasi dan mengungkapkan aspek lexiogrammatical teks procedure
2. Mengidentifikasi dan mengungkapkan aspek lexiogrammatical teks procedure
3. Menulis teks procedure

Jenis Teks : Teks berbentuk prosedure
Tema : Foof and drink
Aspek/Skill : Membaca dan menulis
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Menemukan dan mengungkapkan gagasan utama dalam teks procedure
b. Menemukan dan mengungkapkan informasi rinci dalam teks procedure
c. Menemukan dan mengungkapkan makna kata tertentu dalam teks procedure
d. Menemukan dan mengungkapkan aspek dalam teks procedure
e. Menulis teks procedure sederhana

2. Materi Pembelajaran
a. Teks berbentuk procedure tentang pembuatan makanan/minuman
b. Kosa kata terkait tema/jenis teks
Misalnya :
- Ingredient (bahan-bahan) : flour, eggs, butter. Etc
- Measurement (takaran) : a tea spoonful, I litre of water
- Action verb : put, slice, mix, etc
c. Aspek tata bahasa
- Imperative sentence
- Connectives

3. Metode Pembelajaran /Teknik : Three –phase Technique

4. Langkah-langkah kegiatan
- Kegiatan Pendahuluan
- Menjawab pertanyaan tentang pembuatan kue/makanan
- Kegiatan Inti
1. Membaca teks procedure
2. Menterjemahkan teks procedure
3. Menjawab pertanyaan tentang isi teks procedure
- Gagasan utama
- Informasi rinci
- Makna kata
- Tata bahasa
4. Menentukan makna kata, bentuk kata kerja dan connectives (penghubung) yang digunakan dalam teks procedure
5. Mendengar penjelasan tentang imperative sentance
6. Menterjemahkan teks procedure yang berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris
7. Menulis teks procedure sederhana secara bebas
- Kegiatan Penutup
1. Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami/menulis teks procedure
2. Menyimpulkan materi
3. Menugaskan siswa menulis teks procedure sederhana tentang diri temanmu

5. Sumber Belajar
- Contoh teks procedure
- Majalah/kemasan snack
- Kamus
- Buku Teks
- Developing Competences in English
- English for Communication Erlangga, jakarta 2003

6. Penilaian
- Teknik : Lisan, dan tertulis
- Bentuk : Pilihan ganda dan essai
- Intrumen :

I. Ride the text carefully and answer these question !
How to bod egg Thing you need :
I egg, I small saucepan ½ litre or water
What to do :
1. Fill the saucepan with ½ litre of water
2. Bring water to boil
3. Put egg in water with spoon
4. Boil 4 minutes Turn off the stove
5. Dain saucepan
6. Serve saucepan

1. Which of the following is in the correct order ?
a. Bring water to boil, place in water boil for 4 minutes, drain saucepan
b. Bring water to boil, palce egg in saucepan, bring water to boil, drain saucepan
c. Bring water to boil, place egg in saucepan drain saucepan
d. Boil for 4 minutes place egg in saucepan bring water to boil, drain saucepan
2. To avoid the egg being broken wtih as fast as possible
a. Drop the egg in water with as fast as possible
b. Throw the egg in boild water
c. Out the egg in adrain saucepan
d. Put the egg in water with a spoon
3. How long should you boil the egg ?
a. 3 minutes
b. 2 hours
c. 4 minutes
d. 30 minutes
4. What is the firs step you have to do ?
a. Turn off the stove
b. Fill the sauneepan with ½ litre of water
c. Boil 4 minutes
d. Drain saucepan
5. Where do you sere aboiled egg ?
a. In egg eup
b. In bowl
c. In plate
d. In glass
II. Make a short procedure text based on the picture with your words (How to make hied banana)
1. Untuk nomor I, tiap jawaban benar di beri skor 2
2. Untuk nomor II, tiap jawaban benar skor 10
3. Jumlah skor maksimal 2 x 5 = 10
I 5 x 3 = 15
II 5 x 2 = 10
Jumlah = 25
4. Nilai maksimal = 10
5. Nilai siswa =
6. Rubrik Penelitian :
No Uraian Skor


I Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab 3
2
1
0

II Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaan yang salah/tidak dijawab 2
0

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. Muhammad Arifin DRA. DARWATI
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Swasta Sutan Oloan Medan
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas /Semester : VII (Tujuh) /II
Standar Kompetensi : 11.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esai pendek sederhana secra akurat. Lancar dalam berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrativedan report..

Kompetensi Dasar : 11. Memehami makna-makna teks tulis fungsional dan sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Indikator : 11.3 Melafalkan kata prasa dan kalimat dengan baik dan lancar dan kalimat dengan intonasi yang benar
- Membaca nyaring teks diskriptive/ procedure dengan baik dan benar
- Mengidentifikasi makna dalam teks monlog erentuk narative dan cepat
- Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monlog berbentuk narrative dan report

Jenis Teks : Narrative dan report
Tema : My Dream job
Aspek/Skill : Membaca
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Menemukan gagasan umum teks Junior High School
b. Menemukan informasi rinci dalam teks perpustakaan
c. Menemukan makna kata tertrntu dalam teks my Dream job
d. Menemukan ciri kebahasaan teks my dream job

2. Materi Pembelajaran
a. Teks fungsional pendek my dream job
b. Kosa kata terkait tema/jenis teks

Misal : Ungkapan
- open your bag
- stand on a chair
- close the door
- leave your job
- please stop smoking
- you must do thet
- don’t break the rule
- don’t fight with you boss
Misal : Kosa Kata
- Waiter - Artist
- Teacher - Jornalist
- Lawyer - doctor
- Shopkeeper - architect
- Driver - barber
- Dentist - cook
Kalimat sederhana
- Roni is a flight attendant (i)
- Billi works in a travel agency (+)
- Reni does not a flight attendant (-)
- Bili does not in a travel agency (-)
- Does Roni a flight attendant (?)
- Does Bili in a travel agency (?)

3. Metode Pembelajaran /Teknik : Three –phase Technique

4. Langkah-langkah kegiatan
1. Kegiatan Pendahuluan
- Menjawab pertanyaan tentang wacana my dream job
- Menentukan makna kata dn mengungkapkannya dalam kalimat tentang my dream job
2. Kegiatan Inti
1. Membaca teks my dream job
2. Menjawab pertanyaan tentang teks my dream job
- Gagasan utama
- Makna kata
- Tujuan Komunikasi
3. Menentukan makna kata, bentuk kata kerja yang digunakan dalam bentuk teks my dream job
4. Membaca teks my dream job
5.
3. Kegiatan Penutup
1. Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami teks
2. Menyimpulkan materi
3. Menugaskan siswa mengerjakan tugas tentang my dream job

5. Sumber belajar
a. Contoh teks my dream job
b. Sekolah terdekat
c. Buku teks : Grafindo
Oleh : Anwar sofyanda
Ai S Djamilah
Titik Surtiyah K
Rahmat Kurnia

6. Penilaian
a. Teknik : Lisan, dan tertulis
b. Bentuk : Pertanyaan lisan
c. Intrumen :
My family job
My name is Linda. I live with my family in Jl. Kenari no. 35 my father’s name is Irwan. He is docter, he works at the Samber Sehat Hosppital. His job is to help patients become healty.
My mother is Hasanah. She is a techer. She teacher Maths junior secondary school
My parents have three childreen. Ira she oldest, studies architecture when she was at university. Now she works in a prepare company as an architect. She designs building and superysis the contruction.
Indra , my brother, an I do work yet, we are still students, my brother goes to senior secondary high school, he is in second year an I go junior secondary high school, I am is first year now



Pedoman Penilaian
Tiap jawaban benar di beri skor 2
Skor maksimal 8 x 5 = 40
Nilai maksimal = 10
Nilai siswa =
Rubrik Penelitian :
1 sampai 8
- Setiap jawaban benar, tata bahasa benar, pilihan kat tepat dan lafal benar 5
- Setiap jawaban benar, tata bahasa kurang tepat, pilihan kata tepat dan lafal benar 4
- Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata kurang tepat dan lafal benar 3
- Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal kurang tepat 2
- Setiap jawaban kurang tepat, tata bahasa salah pil;ihan kata dan lfal kurang tepat 2
- Setiap jawaban kurang tepat, tata bahasa salah piihan kata dan lafal salah 1
- Tidak ada jawaan 0

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. Muhammad Arifin DRA. DARWATI
NIP.












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Swasta Sutan Oloan Medan
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas /Semester : VII /I
Standar Kompetensi : 11 Membaca
Memahami makna teks tulis fungsional dan essay pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yan gberkaitan dengan lingkungan terdekat

Kompetensi Dasar : 11.2 & 11.2 Merespon dan mengungkpkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dan menggunakan ragam bahasa tulis secra akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Indikator :
- Melengkapi karya tulis pendek
- Menemukan informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek
- Menulis teks fungsional pendek berbentuk
• Instruksi
• Daftar barang
• Pengumuman
• Iklan/advertisement
• Ucapan selamat
• Menuliskan kalimat sederhana

Jenis Teks : Teks fungsional pendek
Tema : Shoping
Aspek/Skill : Membaca dan menulis
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Memahami teks fungsional pendek seperti :
• Instruksi
• Daftar barang
• Pengumuman
• Iklan/advertisement
• Ucapan selamat
b. Membaca teks fungsional pendek berupa :
• Instruksi
• Daftar barang
• Pengumuman
• Iklan/advertisement
• Ucapan selamat
c. Menemukan contoh-contoh teks fungsional pendek seperti :
• Instruksi
• Daftar barang
• Pengumuman
• Iklan/advertisement
• Ucapan selamat
d. Menemukan ciri-ciri kebahasaan tek fungsional pendek seperti :
• Instruksi
• Daftar barang
• Pengumuman
• Iklan/advertisement
• Ucapan selamat
e. Menemukan makna kata tertentu teks fungsional pendek seperti :
• Instruksi
• Daftar barang
• Pengumuman
• Iklan/advertisement
• Ucapan selamat
f. Membuat teks fungsional pendek seperti :
• Instruksi
• Daftar barang
• Pengumuman
• Iklan/advertisement
• Ucapan selamat
g. Mempraktekkan teks fungsional pendek mencakup :
• Instruksi
• Daftar barang
• Pengumuman
• Iklan/advertisement
• Ucapan selamat

2. Materi Pembelajaran
a. Teks fungsional pendek berupa :
Instruksi : Don’t come late again
Daftar barang : Two kgs of sugar, two tins of milk
Pengumuman : For all student in the first class will have a test next
week . Please be ontime
Iklan/advertisement : Look and use soap, your body will be claaned and
white
Ucapan selamat : That’s exciting
That’s wonderful
b. Kosa kata terkait tema/jenis teks
Tata bahasa : Simple present tense
Imperative sentence

3. Metode Pembelajaran /Teknik : Three –phase Technique

4. Langkah-langkah kegiatan
1. Kegiatan Pendahuluan
- Menjawab berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan teks fungsional pendek : intruksi, iklan, daftar barang, pengumuman, dan ucapan selamat.
- Menentukan makna kata dan mengungkapkannya dalam kalimat teks fungsional pendek (terkait materi)
2. Kegiatan Inti
1. Membaca teks fungsional pendek : Intruksi, iklan, daftar barang, pengumuman, dan ucapan selamat.
2. Menemukan informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek terkait materi
3. Membuat fungsional pendek terkait materi

3. Kegiatan Penutup
1. Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami dan membuat teks fungsional pendek seperti : Intruksi, iklan, daftar barang, pengumuman, dan ucapan selamat.
2. Menyimpulkan materi
3. menugaskan siswa untuk berlatih mempraktekkan teks fungsional pendek terkait materi

5. Sumber belajar
• Buku teks yang televan

6. Penilaian
a. Teknik : Tes
b. Bentuk : Pertanyaan
c. Intrumen :
For all the heads of the classes :
We’d like to discuss about the study tour at 1 p.m. in the schol library
Please. Don’t be able
The president of student council
Hafids
Write down the answers completely
1. Where do all the head of the classes discus aboutstudy tour
2. When do they discus it ?
3. What is the text about
4. Who gave the announcement ?
Read the text aloud and answer the question
5. A : How much sugar do you need to make glass of milk ?
B : I need .................
6. Uncle : I heard thet you have passed the question
Congratulation tp you Perdana
Perdana : .....................................................
d. Pedoman Penilaian
Tiap jawaban benar di beri skor 5
Skor maksimal 8 x 5 = 40
Nilai maksimal = 10
Nilai siswa =

No comments:

Post a Comment

FeedBack