Jumat, 11 November 2022

UB 3 INFORMATIKA 8 SEM 1

 Soal Pilihan Ganda

1. Bentuk usaha untuk menimbulkan kerusakan, kehancuran data, dan gangguan jaringan komputer disebut ……

a. Hacking

b. Phising 

c. Carding 

d. Sabotase 


2. Merupakan muatan ilegal yang berupa data atau informasi tidak benar dan tidak sesuai dengan norma yang dimasukkan oleh pelaku kejahatan diistilahkan dengan ……

a. Unauthorized access

b. Sabotase

c. Illegal contents

d. Defacing


3. Perkembangan TIK pada mulanya ditandai dengan adanya surat kabar, radio dan televisi yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau berita yang bersifat …..

a. Searah

b. Sejarah

c. Sependapat

d. Sepakat


4. Tindakan kriminal yang memanfaatkan internet untuk menjalankan aksinya dan sering disebut dengan kejahatan dunia maya adalah …..

a. Cyber crime

b. Phising

c. Illegal Contents

d. Spamming


5. Aktifitas mengirimkan pesan kepada orang lain menggunakan surat elektronik secara terus menerus dan jumlah yang banyak tanpa dikehendaki oleh penerimanya dinamakan ….

a. Phising 

b. Spamming

c. Carding

d. Defacing


6. Merupakan kegiatan mengubah tampilan website atau situs tertentu yang dikehendaki dengan memanfaatkan kelemahan sistem keamanan pada website tersebut dan merugikan pemiliknya dinamakan …..

a. Phising

b. Spamming

c. Carding

d. Defacing


7. Istilah kejahatan seputar penggunaan kartu kredit yang menggunakan identitas kartu kredit orang lain untuk kepentingan pribadi dinamakan …..

a. Phising

b. Spamming

c. Carding

d. Defacing


8. Istilah kejahatan yang dilakukan dengan cara mengecoh korban sehingga memberikan data ke dalam situs yang telah disiapkan oleh pelaku kejahatan dinamakan ……

a. Phising

b. Spamming

c. Carding

d. Defacing


9. Perkembangan TIK menjadikan pembelajaran dapat dilakukan secara online, dalam hal ini peserta pembelajaran tidak perlu melalui tatap muka untuk menerima penyampaian materi ajar. Pernyataan tersebut merupakan damapak positif dari perkembangan TIK di bidang ……

a. Pendidikan 

b. Ekonomi

c. Sosial 

d. Politik


10. Berikut ini merupakan salah satu kejahatan dunia maya adalah …..

a. Quick Count

b. Cyber Squatting

c. Online

d. E-Learning


11. Salah satu manfaat copyright adalah …….

a. Menjamin hak si pembuat benda

b. Menjamin kewajiban si pembuat benda

c. Memberikan sanksi kepada si pembuat benda

d. Memberikan kode etik pembuatan benda


12. Software atau perangkat lunak yang bebas kita gunakan adalah software berkatagori ….

a. Clouse source

b. Clouse mind

c. Open source

d. Pasca bayar


13. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi dalam bisang ekonomi khususnya perbankan adalah tersedianya mesin anjungan tunai mandiri (ATM) diberbagai tempat. Keuntungan dari penggunaan mesin ATM ini adalah ……

a. Hanya dapat digunakan pada waktu tertentu

b. Bisa digunakan untuk mengetahui informasi sehari-hari

c. Dapat digunakan untuk mengambil uang tunai dan melakukan transfer uang tanpa harus ke bank.

d. Digunakan untuk memasukkan KTP ke dalam mesin.


14. Sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, forum dan dunia virtual, adalah pengertian dari …..

a. Media online

b. Media internet

c. Media komunikasi

d. Media Sosial


15. Di bawah ini yang bukan bentuk media sosial adalah ……

a. Blog

b. My Space

c. Linkedin

d. Java


16. Website mengijinkan usernya untuk mengubah, menambah, ataupun me remove konten-konten yang ada di website. Website yang dimaksud adalah …..

a. You tube

b. Wikipedia

c. My Space

d. Linkedin


17. Para user dari pengguna website ini saling share konten-konten video, website yang dimaksud adalah ….

a. Youtube

b. Wikipedia

c. Linkedin

d. My Space


18. Salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang memungkinkan untuk mengirim pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat adalah …..

a. Surat kabar

b. Youtube

c. Email

d. PT POS


19. Berikut ini yang bukan cara pemasaran melalui media sosial dan jejaring sosial adalah ….

a. Memperbanyak teman

b. Membuat konten yang unik

c. Menentukan sasaran pasar

d. Memasang iklan


20. Berikut ini yang bukan manfaat penggunaan video marketing dalam pemasaran online …..

a. Lebih dikenal oleh banyak orang

b. Dapat membangun trending topik

c. Untuk membangun sebuah relasi bisnis

d. Sebagai sarana edukasi dan informasi


21. Istilah berpikir komputasional adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika) adalah …..

a. Computational Thinking

b. Computational Technic

c. Technic Computational

d. Computer Thinking


22. Istilah pendekatan yang memecahkan masalah besar dan kompleks menjadi lebih sederhana atau kecil sehingga lebih muddah dikelola dan dipahami adalah ……

a. Perencanaan algoritma

b. Abstraksi

c. Pengenalan pola

d. Dekomposisi


23. Dalam berpikir komputasional, kita dituntut mencari kesamaan masalah, solusi menjadi sederhana, dan masalah mudah dipecahkan. Pernyataan tersebut termasuk teknik …..

a. Dekomposisi

b. Abstraksi

c. Pengenalan pola

d. Perancangan algoritma


24. Proses ini merupakan teknik menemukan informasi penting dan informasi yang tidak relevan dan menjadi kunci dalam berpikir komputasional. Pernyataan tersebut termasuk teknik ….

a. Dekomposisi

b. Abstraksi

c. Pengenalan pola

d. Perancangan algoritma


25. Proses mengembangkan solusi langkah-langkah yang harus dipenuhi secara berurutan terhadap permasalahan yang ada disebut dengan……

a. Dekomposisi

b. Abstraksi

c. Pengenalan pola

d. Algoritma


26. Berikut ini yang merupakan proses dekomposisi adalah ……

a. Dokter memeriksa bagian tubuh pasien dan mengukur tanda-tanda vital tubuh

b. Dokter memberikan resep obat kepada pasien

c. Dokter memberikan penjelasan tentang penyakit yang dideritapasien kepada keluarganya

d. Dokter menuliskan hasil pemeriksaan di catatan rekam medis pasien.


27. Tindakan berikut yang dikategorikan sebagai proses pengenalanpola adalah …..

a. Tim sepak bola sedang menonton rekaman pertandingan sebelumnya

b. Pelatih tim bola voli sedang memberikan instruksi kepada pemain cadangan 

c. Ilmuwan sedang memperhatikan reaksi seekor tikus ketika secara tidak sengaja menyentuh pagar yang diberi aliran listrik

d. BMKG sedang merekam gelombang air laut pasca sunami.


28. Berikut ini yang berhubungan dengan abstraksi adalah ……

a. Mencari kesamaan dengan bentuk benda

b. Memecah atau membagi komponen mobil dalam beberapa bagian

c. Fokus pada informasi yang penting

d. Menyusun langkah yang efesien


29. Seorang pelatih sepak bola memberikan instruksi kepada pemain, apa saja yang harus dilakukan terhadap pemain lawan. Kapan saatnya bertahan dan menyerang saat pertandingan. Hal tersebut dapat dikategorikan sebagai proses ……

a. Dekomposisi

b. Pengenalan pola

c. Algoritma

d. Abstraksi


30. Dokter spesialis penyakit dalam membaca hasil rontgen pasien kemudian membandingkan hasil rontgen dengan hasil rontgen pasien sebelumnya. Tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai proses …..

a. Dekomposisi

b. Algoritma

c. Pengenalan pola

d. Abstraksi


31. Berikut yang tidak dikategorikan hasil dari proses algoritma adalah …..

a. Tutorial make up

b. Resep makanan

c. Lembaran panduan merakit PC

d. Resep obat dokter


32. Istilah computasional thinking pertama kali diperkenalkan oleh …..

a. Donald Trumph

b. Bill Gates

c. Licklider

d. Seymour Papert


33. Istilah computational thinking pertama kali diperkenalkan pada tahun ……

a. 1980

b. 1990

c. 2000

d. 2010


34. Dalam pendidikan, berpikir komputasional dikenal istilah STEM, apakah kepanjangan dari STEM …..

a. Science, Technology, Electronic, dan Mathematic

b. Science, Technology, Engineering, dan Mathematic

c. Science, Technology, Engineering, dan Method

d. Schoology, Technology, Engineering, dan Method


35. Perhatikan contoh komputasional thinking  dalam kehidupan berikut ini !

“Sepeda motor saat dikendarai terdengar bunyi suara bising pada bagian belakang, semakin cepat kendaraan bergerak semakin keras suara terdengar.”


Berikut yang tidak termasuk cara menyelesaikan masalah tersebut dengan teknik dekomposisi adalah …

a. Bagian mana dari sepeda motor yang bergerak dan menjadi sumber bunyi

b. Bagaimana cara memeriksa dan menetukan sumber bunyi

c. Bagaimana cara melakukan perbaikan

d. Petunjuk langkah perbaikan sepeda motor



Soal Uraian

41. Sebutkan 3 dampak positif dari perkembangan TIK……………….

42. Sebutkan 3 dampak negatif dari perkembangan TIK……………….

43. Jelaskan pengertian dari hoax ……………….

44. Jelaskan pengertian algoritma ……………….

45. Jelaskan pengertian flowchart ……………….


II. JAWABAN URAIAN

41. Dampak positif
- Kemudahan layanan terutama melalui layanan online
- Menghemat waktu
- Kemudahan mencari informasi

42. Dampak negatif
- Pornografi
- Penyebaran virus komputer
- Cyber crime

43. Hoax adalah informasi yang tidak benar tetapi dibuat seolah-olah benar adanya.

44. Algoritma adalah kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah secara sistematis, terstruktur dan logis.

45. Flowchart adalah gambar atau simbol tertentu yang menjelaskan dan menggambarkan langkah-langkah proses secara detail pada suatu program

4 komentar:

FeedBack

TIK DSI KLEAS 7

  1.      Contoh pengaruh TIK di bidang pendidikan adalah...   a)    Tele-Medicine                                              ...