SOAL UTS
SEM 2 INFORMATIKA KELAS 8
1.
Bentuk usaha untuk
menimbulkan kerusakan, kehancuran data, dan gangguan jaringan komputer disebut
……
a.
Hacking
b.
Phising
c.
Carding
d.
Sabotase
2.
Merupakan muatan ilegal
yang berupa data atau informasi tidak benar dan tidak sesuai dengan norma yang
dimasukkan oleh pelaku kejahatan diistilahkan dengan ……
a.
Unauthorized access
b.
Sabotase
c.
Illegal contents
d.
Defacing
3.
Perkembangan TIK pada
mulanya ditandai dengan adanya surat kabar, radio dan televisi yang digunakan
untuk menyampaikan informasi atau berita yang bersifat …..
a.
Searah
b.
Sejarah
c.
Sependapat
d.
Sepakat
4.
Tindakan kriminal yang
memanfaatkan internet untuk menjalankan aksinya dan sering disebut dengan
kejahatan dunia maya adalah …..
a.
Cyber crime
b.
Phising
c.
Illegal Contents
d.
Spamming
5.
Aktifitas mengirimkan pesan
kepada orang lain menggunakan surat elektronik secara terus menerus dan jumlah
yang banyak tanpa dikehendaki oleh penerimanya dinamakan ….
a.
Phising
b.
Spamming
c.
Carding
d.
Defacing
6.
Merupakan kegiatan mengubah
tampilan website atau situs tertentu yang dikehendaki dengan memanfaatkan
kelemahan sistem keamanan pada website tersebut dan merugikan pemiliknya
dinamakan …..
a.
Phising
b.
Spamming
c.
Carding
d.
Defacing
7.
Istilah kejahatan seputar
penggunaan kartu kredit yang menggunakan identitas kartu kredit orang lain
untuk kepentingan pribadi dinamakan …..
a.
Phising
b.
Spamming
c.
Carding
d.
Defacing
8.
Istilah kejahatan yang
dilakukan dengan cara mengecoh korban sehingga memberikan data ke dalam situs
yang telah disiapkan oleh pelaku kejahatan dinamakan ……
a.
Phising
b.
Spamming
c.
Carding
d.
Defacing
9.
Perkembangan TIK menjadikan
pembelajaran dapat dilakukan secara online, dalam hal ini peserta pembelajaran
tidak perlu melalui tatap muka untuk menerima penyampaian materi ajar.
Pernyataan tersebut merupakan damapak positif dari perkembangan TIK di bidang
……
a.
Pendidikan
b.
Ekonomi
c.
Sosial
d.
Politik
10.
Berikut ini merupakan salah
satu kejahatan dunia maya adalah …..
a.
Quick Count
b.
Cyber Squatting
c.
Online
d.
E-Learning
11.
Salah satu manfaat
copyright adalah …….
a.
Menjamin hak si pembuat
benda
b.
Menjamin kewajiban si
pembuat benda
c.
Memberikan sanksi kepada si
pembuat benda
d.
Memberikan kode etik
pembuatan benda
12.
Software atau perangkat
lunak yang bebas kita gunakan adalah software berkatagori ….
a.
Clouse source
b.
Clouse mind
c.
Open source
d.
Pasca bayar
13.
Salah satu contoh
pemanfaatan teknologi dalam bisang ekonomi khususnya perbankan adalah
tersedianya mesin anjungan tunai mandiri (ATM) diberbagai tempat. Keuntungan
dari penggunaan mesin ATM ini adalah ……
a.
Hanya dapat digunakan pada
waktu tertentu
b.
Bisa digunakan untuk
mengetahui informasi sehari-hari
c.
Dapat digunakan untuk
mengambil uang tunai dan melakukan transfer uang tanpa harus ke bank.
d.
Digunakan untuk memasukkan
KTP ke dalam mesin.
14.
Sebuah media online, dengan
para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi
meliputi blog, jejaring sosial, forum dan dunia virtual, adalah pengertian dari
…..
a.
Media online
b.
Media internet
c.
Media komunikasi
d.
Media Sosial
15.
Di bawah ini yang bukan
bentuk media sosial adalah ……
a.
Blog
b.
My Space
c.
Linkedin
d.
Java
16.
Website mengijinkan usernya
untuk mengubah, menambah, ataupun me remove konten-konten yang ada di website.
Website yang dimaksud adalah …..
a.
You tube
b.
Wikipedia
c.
My Space
d.
Linkedin
17.
Para user dari pengguna
website ini saling share konten-konten video, website yang dimaksud adalah ….
a.
Youtube
b.
Wikipedia
c.
Linkedin
d.
My Space
18.
Salah satu fasilitas atau
aplikasi internet yang memungkinkan untuk mengirim pesan dalam bentuk surat ke
seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat adalah …..
a.
Surat kabar
b.
Youtube
c.
Email
d.
PT POS
19.
Berikut ini yang bukan cara
pemasaran melalui media sosial dan jejaring sosial adalah ….
a.
Memperbanyak teman
b.
Membuat konten yang unik
c.
Menentukan sasaran pasar
d.
Memasang iklan
20.
Berikut ini yang bukan
manfaat penggunaan video marketing dalam pemasaran online …..
a.
Lebih dikenal oleh banyak
orang
b.
Dapat membangun trending
topik
c.
Untuk membangun sebuah
relasi bisnis
d.
Sebagai sarana edukasi dan informasi
21.
Istilah berpikir
komputasional adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik
ilmu komputer (informatika) adalah …..
a.
Computational Thinking
b.
Computational Technic
c.
Technic Computational
d.
Computer Thinking
22.
Istilah pendekatan yang memecahkan
masalah besar dan kompleks menjadi lebih sederhana atau kecil sehingga lebih
muddah dikelola dan dipahami adalah ……
a.
Perencanaan algoritma
b.
Abstraksi
c.
Pengenalan pola
d.
Dekomposisi
23.
Dalam berpikir
komputasional, kita dituntut mencari kesamaan masalah, solusi menjadi
sederhana, dan masalah mudah dipecahkan. Pernyataan tersebut termasuk teknik
…..
a.
Dekomposisi
b.
Abstraksi
c.
Pengenalan pola
d.
Perancangan algoritma
24.
Proses ini merupakan teknik
menemukan informasi penting dan informasi yang tidak relevan dan menjadi kunci
dalam berpikir komputasional. Pernyataan tersebut termasuk teknik ….
a.
Dekomposisi
b.
Abstraksi
c.
Pengenalan pola
d.
Perancangan algoritma
25.
Proses mengembangkan solusi
langkah-langkah yang harus dipenuhi secara berurutan terhadap permasalahan yang
ada disebut dengan……
a.
Dekomposisi
b.
Abstraksi
c.
Pengenalan pola
d.
Algoritma
26.
Berikut ini yang merupakan
proses dekomposisi adalah ……
a.
Dokter memeriksa bagian
tubuh pasien dan mengukur tanda-tanda vital tubuh
b.
Dokter memberikan resep
obat kepada pasien
c.
Dokter memberikan
penjelasan tentang penyakit yang dideritapasien kepada keluarganya
d.
Dokter menuliskan hasil
pemeriksaan di catatan rekam medis pasien.
27.
Tindakan berikut yang
dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah …..
a.
Tim sepak bola sedang
menonton rekaman pertandingan sebelumnya
b.
Pelatih tim bola voli
sedang memberikan instruksi kepada pemain cadangan
c.
Ilmuwan sedang
memperhatikan reaksi seekor tikus ketika secara tidak sengaja menyentuh pagar
yang diberi aliran listrik
d.
BMKG sedang merekam
gelombang air laut pasca sunami.
28.
Berikut ini yang
berhubungan dengan abstraksi adalah ……
a.
Mencari kesamaan dengan
bentuk benda
b.
Memecah atau membagi
komponen mobil dalam beberapa bagian
c.
Fokus pada informasi yang
penting
d.
Menyusun langkah yang
efesien
29.
Seorang pelatih sepak bola
memberikan instruksi kepada pemain, apa saja yang harus dilakukan terhadap
pemain lawan. Kapan saatnya bertahan dan menyerang saat pertandingan. Hal
tersebut dapat dikategorikan sebagai proses ……
a.
Dekomposisi
b.
Pengenalan pola
c.
Algoritma
d.
Abstraksi
30.
Dokter spesialis penyakit
dalam membaca hasil rontgen pasien kemudian membandingkan hasil rontgen dengan
hasil rontgen pasien sebelumnya. Tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai
proses …..
a.
Dekomposisi
b.
Algoritma
c.
Pengenalan pola
d.
Abstraksi
31.
Berikut yang tidak
dikategorikan hasil dari proses algoritma adalah …..
a.
Tutorial make up
b.
Resep makanan
c.
Lembaran panduan merakit PC
d.
Resep obat dokter
32.
Istilah computasional
thinking pertama kali diperkenalkan oleh …..
a.
Donald Trumph
b.
Bill Gates
c.
Licklider
d.
Seymour Papert
33.
Istilah computational
thinking pertama kali diperkenalkan pada tahun ……
a.
1980
b.
1990
c.
2000
d.
2010
34.
Dalam pendidikan, berpikir
komputasional dikenal istilah STEM, apakah kepanjangan dari STEM …..
a.
Science, Technology,
Electronic, dan Mathematic
b.
Science, Technology,
Engineering, dan Mathematic
c.
Science, Technology,
Engineering, dan Method
d.
Schoology, Technology,
Engineering, dan Method
35.
Perhatikan contoh komputasional
thinking dalam kehidupan berikut ini !
“Sepeda motor saat
dikendarai terdengar bunyi suara bising pada bagian belakang, semakin cepat
kendaraan bergerak semakin keras suara terdengar.”
Berikut yang tidak termasuk
cara menyelesaikan masalah tersebut dengan teknik dekomposisi adalah …
a.
Bagian mana dari sepeda
motor yang bergerak dan menjadi sumber bunyi
b.
Bagaimana cara memeriksa
dan menetukan sumber bunyi
c.
Bagaimana cara melakukan
perbaikan
II. Soal Uraian
41.
Sebutkan 3 dampak positif
dari perkembangan TIK……………….
42.
Sebutkan 3 dampak negatif
dari perkembangan TIK……………….
43.
Jelaskan pengertian dari
hoax ……………….
44.
Jelaskan pengertian
algoritma ……………….
45.
Jelaskan pengertian
flowchart ……………….
KUNCI JAWABAN PAT
INFORMATIKA KELAS 8 SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 20…/20…
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Informatika
Kelas : VIII (Delapan)
Jumlah Soal : 45
Bentuk Soal :
40 Pilihan Ganda
dan 5 Uraian
I.JAWABAN PILIHAN GANDA
NO |
KUNCI |
NO |
KUNCI |
NO |
KUNCI |
NO |
KUNCI |
|||||
1 |
A |
11 |
A |
21 |
A |
31 |
A |
|||||
2 |
D |
12 |
C |
22 |
D |
32 |
D |
|||||
3 |
A |
13 |
C |
23 |
C |
33 |
A |
|||||
4 |
A |
14 |
D |
24 |
B |
34 |
B |
|||||
5 |
B |
15 |
D |
25 |
D |
35 |
D |
|||||
6 |
D |
16 |
B |
26 |
C |
36 |
B |
|||||
7 |
C |
17 |
A |
27 |
A |
37 |
A |
|||||
8 |
A |
18 |
C |
28 |
B |
38 |
D |
|||||
9 |
A |
19 |
C |
29 |
A |
39 |
C |
|||||
10 |
B |
20 |
B |
30 |
C |
40 |
B |
II.
JAWABAN URAIAN
41.
Dampak positif
· Kemudahan layanan terutama melalui layanan online
· Menghemat waktu
· Kemudahan mencari informasi
42.
Dampak negatif
· Pornografi
· Penyebaran virus komputer
· Cyber crime
43.
Hoax adalah informasi
yang tidak benar tetapi dibuat seolah-olah benar adanya.
44.
Algoritma adalah
kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah secara sistematis,
terstruktur dan logis.
1.
Flowchart adalah gambar
atau simbol tertentu yang menjelaskan dan menggambarkan langkah-langkah proses
secara detail pada suatu program.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
FeedBack