Sabtu, 18 April 2020

PERANGKAT LUNAK JARINGAN

a. Operating system (Sistem operasi)
 Dalam komputer mesti terdapat yang namanya system operasi, yaitu program yan menjadi inti operasional dalam komputer. System operasi sendiri terdapat beberapa jenis yang digunakan dalam komputer yaitu windows, Mac OS, dan Linux serta lainnya. Seperti dikenal kebanyakan masih menggunakan Windows sebagai OS.

b.     Bandwidth.
Lebar data yang digunakan dalam suatu waktu tertentu dinamakn bandwidth. Lebih sering disebut kecepatan akses jaringan, apabila dalam jaringan tersebut bandsidthnya lebar maka data yang ditampung dalam jaringan akan semakin banyak, dapat dimisalkan seperti jalan.

c.   Network adapter driver
Program agar perangkat terdeteksi sebagai bagian perangkat komputer

d.   Protocol jaringan.
Dalam jaringan juga diperlukan protocol yang berfungsi mengatur seberapa lama data bertahan, kelangsungan jaringan, nama jaringan, dan pengatur lalu lintas data. Dalam jaringan hal ini disebut TRANSPORT CONNECTION PROTOKOL/INTERNET PROTOCOL yang terdapat IP Address yaitu alamat yang dibertikan pada sebuah komputer dan perangkat jaringan oleh protocol.

e.   Perangkat keamanan jaringan. Utnuk manjaga keamanan jaringan komputer dari serangan virus, hacker dan cracker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FeedBack

SETTING JARINGAN WAN

  1. Buka Packet Tracer dan langsung membuat topologi seperti diatas dengan cara Drag and Drop . 2. Lakukan Konfigurasi IP Pada masing - mas...