Rabu, 22 Juli 2020

Mengenal Jaringan VLAN

Performa jaringan serta kemudahan pengelolaan jaringan sangat erat kaitannya dengan teknik virtual LAN (VLAN).

1. Pengertian Jaringan VLAN
Jaringan VLAN adalah suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN. VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN ataulebih yang dikonfigurasi menggunakan perangkat lunak administrasi sehingga dapat berkomun kasi seperti halnya perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, sedangkan sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. Hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasikan secara virtual tanpa harus mengacu pada lokasi fisik peralatan.

a. Data VLAN
VLAN dengan tipe data VLAN dikonfigurasi hanya untuk user dan tidak memiliki kemampuan untuk mengirim voice based troffic. VLAN data hanya untuk membawa data-data yang digunakan oleh user Tipe VLAN ini dipisahkan dengan lalu lintas data suara ataupun manajemen switch.

b. Default VLAN
Ketika pertama kali switch dinyalakan maka semua port yang ada di switch akan menjadi anggota default VLAN. Defoult VLAN dari switch adalah VLAN 1 dimana VLAN tersebut tidak dapat diganti namanya maupun dihapus.

c. Native VLAN
Link antara switch dengan switch atau switch dengan router akan menjadi native VLAN. Native VLAN berfungsi untuk tagged-traffic dan untagged-traffic. Native VLAN dikeluarkan untuk port trunking 802.1q. Port trunking 802.1q menempatkan untagged-traffic pada native VLAN.

d. Management VLAN
VLAN yang dibuat untuk admin dalam mengatur kapabilitas dari switch atau VLAN yang dibuat untuk memanage perangkat yang terhubung. Sebuah VLAN harus didefinisikan secara khusus agar dapat dijadikan sebagai management VLAN. Pada management VLAN, kita dapat memberi IP dan subnet mask, sehingga switch dapat dikelola melalui HTTP, Telnet, SNMP, atau SSH.

e. Voice VLAN
VLAN dengan tipe voice VLAN hanya dapat digunakan sebagai traffic voice. Voice VLAN mendukung Voice over IP (VolP). VolP adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FeedBack

SETTING JARINGAN WAN

  1. Buka Packet Tracer dan langsung membuat topologi seperti diatas dengan cara Drag and Drop . 2. Lakukan Konfigurasi IP Pada masing - mas...