Rabu, 22 Juli 2020

Prosedur K3 Menggunakan Komputer

Bacalah Materi berikut dengan seksama.

K3LH adalah pengertian tentang program kesehatan, keselamatan, keaman kerja dan lingkungan hidup pada suatu perusahaan atau instansi lain yang memiliki banyak pekerja atau karyawan. Maksud dari pengertian K3LH adalah memahami dan menerapkan K3LH di setiap perusahaan. 

Agar industri bisa tumbuh dan berkembang dengan cepat dan baik, maka sistem kerja di setiap industri harus diatur dan dirancang dengan memperhatikan K3LH dan para pekerja. Karena setiap pekerja atau buruh mempunyai hak untuk memperoleh perlindungan atas keselamatan dan kesehatan kerja, moral, dan kesusilaan serta perlakuan yang sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai agama. 

Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja Yang diatur oleh Undang-Undang ini adalah keselamatan kerja dalam segala tempat kerja baik di darat, di dalam tanah, di permukaan air, di dalam air maupun di udara, yang berada di dalam wilayah kekuasaan hukum Republik Indonesia.

Komputer merupakan perangkat teknologi komunikasi dan informasi yang sering digunakan dewasa ini, karena komputer dapat melakukan hampir semua hal yang berhubungan dengan teknologi komunikasi dan informasi. 

Pada saat bekerja dengan komputer ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan bahkan keselamatan kita. Penelitian yang sudah dilakukan menyimpulkan bahwa komputer dapat menyebabkan penggunanya menderita nyeri otot dan tulang terutama bahu, pergelangan tangan, leher, punggung, pinggang bagian bawah, sakit ginjal, mata merah berair, bahkan gangguan penglihatan. 

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari efek negatif dari bekerja dengan komputer adalah sebagai berikut. 

a. Mengatur posisi tubuh saat bekerja dengan komputer sehingga tercipta rasa nyaman bagi kita.
b. Mengatur posisi perangkat komputer dan ruangan sehingga memberi rasa nyaman bagi kita.
c. Makan, minum, dan istirahatlah yang cukup.
d. Menggerakkan badan untuk mengurangi ketegangan otot dan pikiran dan olahraga secara teratur.
e. Sesekali mengalihkan pandangan ke luar ruangan untuk menyegarkan mata.

 Tugas Mandiri (Tulis di buku catatan ya, poto dan upload di GC)
1. Perhatikan permasalahan berikut ini dengan saksama!
Teknologi informasi dan komunikasi merupakan teknologi tinggi yang akhir-akhir ini berkembang sangat pesat. Dengan diperkenalkannya teknologi yang baru di tempat kerja atau lingkungan rumah, aspek kesehatan dan keselamatan kerja harus dipertimbangkan dengan saksama. 

Biasanya dalam penggunaan komputer secara terus-menerus menyebabkan otot sering pegal mata kita akan menjadi agak-agak kabur akibat pandangan kita sering terlalu dekat dengan layar komputer. Untuk menanggulangi masalah tersebut diperlukan beberapa solusi untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja dalam penggunaan komputer. Bagaimana tanggapanmu mengenai permasalahan di atas?
..................................................

2. Menurutmu, apa saja solusi yang diperlukan untuk tetap menjaga kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan komputer?
Hasil pendapat:...................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FeedBack

SETTING JARINGAN WAN

  1. Buka Packet Tracer dan langsung membuat topologi seperti diatas dengan cara Drag and Drop . 2. Lakukan Konfigurasi IP Pada masing - mas...